Home » , , , » OBJEK WISATA DI PEKANBARU

OBJEK WISATA DI PEKANBARU

OBJEK WISATA DI PEKANBARU
Kota Pekanbaru memang tidak se populer kota-kota wisata lainnya seperti Jogja, Bali atau bahkan Padang. Namun Anda tidak perlu kecewa karena Pekanbaru juga memiliki Objek Wisata yang cukup menjanjikan.

Berikut beberapa Objek Wisata Pekanbaru yang-bisa dikunjungi oleh wisatawan:

1.  Mesjid Raya dan Makam Marhum Bukit serta Makam Marhum Pekan Mesjid Raya Pekanbaru terletak di jalan senapelan Kecamatan Senapelan memiliki arsitektur tradisional yang amat menarik dan merupakan mesjid tertua di Kota Pekanbaru.



Mesjid ini dibangun pada abad VIII dan sebagai bukti Kerajaan Siak pernah berdiri di kota ini pada masa pemerintahan Sultan Abdul Jalil Muazzam Syah dan Sultan Muhammad Ali Abdul Jalil Muazzam Syah sebagai sultan keempat dan kelima dari Kerajaan Siak Sri Indrapura.

Di areal Mesjid terdapat sumur mempunyai nilai magis untuk membayar zakat atau nazar yang dihajatkan sebelumnya. Masih dalam areal kompleks mesjid, kita dapat mengunjungi makam Sultan Marhum Bukit dan Marhum Pekan sebagai pendiri kota Pekanbaru.

Marhum Bukit adalah Sultan Abdul Jalil Alamuddin Syah (Sultan Siak ke-IV) memerintah tahun 1766-1780 Masehi, sedangkan Marhum Bukit sekitar tahun 1775 Masehi memindahkan ibukota kerajaan dari Mempura Siak ke Senapelan dan beliau mangkat tahun 1780 Masehi.



2.  Anjungan Seni Idrus Tintin  Anjungan Seni Idrus Tintin yang berdiri megah di Arena Purna MTQ yang sekarang berubah namanya menjadi komplek Bandar serai Jalan Sudirman Pekanbaru merupakan salah satu wonder building di Pekanbaru. Dengan bangunan berciri khas melayu Riau, Anjungan Seni Idrus Tintin ini lebih mirip Istana dari pada tempat pertunjukan seni.

Dengan ketinggian setara gedung tiga lantai bangunan ini menjulang tinggi dengan nilai estetika yang mengagumkan. jika anda berkesempatan untuk masuk ke dalamnya anda akan melihat terawangan yang tinggi mengarah ke langit-langit gedung.

Anjungan Seni ini juga menjadi tempat dilaksanakannya acara puncak Festival Film Indonesia (FFI) 2008 yang dihadiri hampir seluruh artis perfilman tanah air dan menjadi saksi bisu kejayaan Dedi Mizwar dan Naga Bonar Jadi 2. Bahkan Anjungan Seni Idrus Tintin ini seperti berubah menjadi objek wisata karena selalu ramai dikunjungi masyarakat untuk sekedar berfoto, melihat atau duduk-duduk santai di sore harinya.

Sebagai pengetahuan tambahan nama Idrus Tintin diambil dari seniman kenaam Riau. Almarhum lahir di rengat dan penerima Anugrah Sagang (Penghargaan Seni Paling Bergengsi di Tanah Lancang Kuning).



3.  Tujuan Wisata Balai Adat Riau  Wisata Budaya Pekanbaru - Balai Adat Riau juga bisa dijadikan tujuan wisata karena anda akan mendapatkan ciri khas dari adat melayu Riau. Tujuan wisata ini terletak di Jl. Diponegoro Pekanbaru ini dibangun dan didesain dengan variasi warna dan ukiran motif yang bercirikan khas Melayu. Balai Adat ini dibangun untuk berbagai kegiatan yang berkaitan dengan adat resmi Melayu Riau.

Arsitekturnya yang khas melambangkan kebesaran budaya Melayu Riau. Bangunan terdiri dari dua lantai, di lantai atas terpampang dengan jelas beberapa ungkapan adat dan pasal-pasal Gurindam Dua Belas karya Raja Ali Haji. Di kiri dan kanan pintu masuk ruangan utama dapat kita baca pasal 1-4, sedangkan pasal 5-12 terdapat di bagian dinding sebelah dalam ruangan utama.



4.  Museum Sang Nila Utama dan Dekranasda Riau  Museum Sang Nila Utama terletak di Jl. Jendral Sudirman Pekanbaru, museum ini menyimpan berbagai aneka koleksi benda-benda sen dan budaya seperti pakaian adat, gaun pengantin, permainan rakyat seperti gasing, alat-alat musik dari berbagai daerah yang ada di Riau dan benda-benda bersejarah propinsi Riau lainnya.

Tidak jauh dari dari museum Sang Nila Utama ini terdapat satu bangunan khas dengan arsitektur melayu yang kental yaitu Gedung Taman Budaya Riau, dimana gedung ini digunakan sebagai tempat untuk pagelaran berbagai kegiatan budaya dan seni melayu Riau, dan kegiatan-kegiatan lainnya.

Dekranasda Riau terletak di ujung jalan Sisimangaraja. Dekranasda merupakan pusat cinderamata Riau terlengkap di Pekanbaru. Di Dekranasda ini anda bisa menemukan segala macam aksesories khas melayu Riau seperti busana melayu, batik Riau, kain tenun dan songket, berbagai kerajinan kayu dan lain-lain. Jadi jika anda ingin mencari cendramata di Pekanbaru maka anda dapat mengunjungi Dekranasda.



5.  Danau Buatan Lembah Sari Pekanbaru  Wisata Danau Buatan Lembah Sari merupakan salah satu tempat wisata Pekanbaru yang bernuansa alami. Tujuan wisata yang satu ini berlokasi di Kecamatan Rumbai Pekanbaru, Riau. Limbungan adalah danau buatan berupa bendungan irigasi terletak kurang lebih 10 kilometer dari kota Pekanbaru.

Pemandangan alam sekitar Danau Buatan Lembah Sari ini memiliki panorama yang indah, sejuk, nyaman dan bukit-bukit yang ditumbuhi pepohonan, memungkinkan dikembangkan sebagai tempat atraksi wisata tirta seperti berenang, memancing, bersepeda air dan lain-lain. Saat ini banyak sekali investor tertarik ingin menanamkan modal mereka di danau ini.

Saat ini objek wisata Riau ini sedang direnovasi dengan biaya jutaan dollar guna diubah menjadi lokasi tujuan Wisata andalan Riau. Semoga lokasi Wisata Riau ini benar-benar menjadi objek Wisata Riau yang paling diminati.



6.  Alam Mayang.  Ayo Mancing di Alam Mayang Pekanbaru!. Sebenarnya salah satu tempat rekreasi top Pekanbaru ini bukan hanya tempat orang memancing tapi juga futsal, makan-makan, dan tempat melepas lelah.

Dari mulanya Alam Mayang memang disiapkan sebagai salah satu tujuan wisata andalan Pekanbaru, Alam Mayang berlokasi di Jl. H. Imam Munandar, lebih kurang 8 Km dari pusat kota Pekanbaru Kecamatan Bukit Raya. Alam Mayang nama sebuah kolam atau sarana pemancingan ikan yang berlokasi di km 8 jalan Harapan Raya, Kelurahan Tangkerang Timur, Kecamatan Bukit Raya, Pekanbaru.

Disini tersedia tiga buah kolam dengan luas keseluruhannya 18.560 meter dan berbagai jenis ikan seperti ikan gurami, lemak, nila dan sepat siam yang siap untuk kita bawa pulang bagi keluarga. Lebih menyenangkan lagi memancing bersama keluarga karena di areal kolam terdapat kantin kecil-kecilan. Terbuka kesempatan setiap hari bersantai di Alam Mayang dan sesekali kemampuan kita diuji pula dalam lomba memancing ikan.

Tidak hanya itu kini Alam Mayang Pekanbaru juga menyediakan tempat outbond.
Tujuan rekreasi alam ini terbukti sangat diminati bahkan warga dari luar kota Pekanbaru juga banyak berekreasi disana, karena suasananya yang sejuk dan nyaman hingga dapat dimanfaatkan untuk berbagai hal dan kegiatan, tidak hanya untuk memancing.



7.  Taman Putri Kaca Mayang  Satu lagi tempat rekreasi favorit keluarga di kota Pekanbaru. Taman Putri Kaca Mayang, satu-satunya taman hiburan yang terletak di pusat kota Pekanbaru. Sehingga apabila hari libur seperti hari Raya Idul Fitri ini, jangan heran jiga di Bundaran Air Mancur agak macet karena banyaknya kendaraan pengunjung yang parkir dan jajaan pedagang kaki lima.

Taman Puteri Kaca Mayang berlokasi di Jl. Jendral Sudirman Pekanbaru, tepatnya di depan kantor walikota Pekanbaru. Taman Puteri Kaca Mayang ini merupakan tempat rekreasi keluarga yang berada di jantung kota Pekanbaru, sehingga mudah dicapai dengan transportasi umum yang ada.

Bagi anak-anak, arena ini cukup menarik perhatian karena di tempat rekreasi ini mereka dapat menggunakan berbagai fasilitas hiburan yang ada, seperti kolam renang, komedi putar, bombom car, dan masih banyak lagi permainan yang tentunya menyenangkan dan mengasyikkan. Untuk hari-hari libur, tempat ini selalu dipadati pengunjung yang datang baik dari kota Pekanbaru sendiri maupun dari luar daerah.



8.  Mesjid Agung An-Nur Pekanbaru  Wisata Religius Pekanbaru - Mesjid Agung An-Nur Riau terletak hampir di pusat kota ini, tepatnya di Jalan Hang Tuah merupakan mesjid propinsi dengan bentuk bangunan yang menarik dilengkapi tiang besar dan tinggi melambangkan kebesaran-Nya, terletak di pusat kota Pekanbaru, mempunyai fasilitas lengkap sebagai Islamic Centre serta dilengkapi pula taman yang indah dan luas.

Masjid Agung An-Nur merupakan masjid termegah di Riau Saat ini. Selain berfungsi sebagai fasilitas ibadah masjid ini juga sebagai pusat kegiatan remaja mesjid se-Riau khususnya kota Pekanbaru.

Fasilitas Masjid Agung An-Nur Pekanbaru:
  • Lantai bawah masjid merupakan tempat skretariat pengurus masjid, manajemen, remaja masjid serta tempat pelaksanaan pendidikan Islam.
  • Masjid ini juga tersedia fasilitas hot spot gratis tanpa bayar dan free user logon tanpa harus meminta password, jadi apabila anda bawa laptop berfasilitas Wifi anda dapat berinternet sepuasnya!.
  • Di halaman masjid Agung An-Nur Riau merupakan lapangan luas, bila sore hari akan ramai dikunjungi masyarakat kota untuk berolahraga atau bersantai.
  • Lahan Parkir Masjid Agung sangat luas, baik sepeda motor maupun kendaraan roda empat dan enam. Lokasinya juga aman, nyaman.
  • Nama Masjid, Terdapat ambiguitas dalam penyebutan nama Masjid Agung An-Nur ini. Apakah Masjid Agung An-Nur Riau ataupun Masjid Agung An-nur Pekanbaru. Namun setelah berdirinya Masjid Ar-Raman di pusat kota Pekanbaru, maka sah-lah Masjid termegah di Riau ini menjadi Masjid Agung An-Nur Riau.

9.  Taman Marga Satwa Kasang Kulim (Kasang Kulim Zoo)
Taman Marga Satwa Kasang Kulim adalah satu-satunya kebun binatang yang terdapat di kota bertuah Pekanbaru. Menurut Agusti, pengelolanya Kasang Kulim berdiri pada tahun 1993.

Sebagaimana kebun binatang lainnya Kasang Kulim dihuni beberapa hewan yang layak dikunjungi seperti: Burung, Harimau, Singa, Gajah, Orang utan, Beruang, Rusa, Ular, Kuda Nil ,Buaya, Kera, Monyet dan yang lainnya.

Kebun binatang Kasang Kulim ini berlokasi di Desa Kubangraya, Kec. Siak Hulu, dapat dicapai dari pusat kota Pekanbaru dengan kendaraan roda dua dalam waktu tempuh 15 menit. Lokasi terhampar dilahan seluas 17 hektar yang didukung dengnan fasilitas yang memadai. Seperti: tempat parkir yang luas, taman bermain anak-anak, kolam renang, panggung untuk pertunjukan ,kolam hias dan lain-lain.

10. Taman Hutan Raya Sultan Syarif Kasim/rindu sempadan



Taman Hutan Raya Sultan Syarif Kasim yang merupakan sebuah tempat rekreasi bagi anak muda yang ingin bersantai-santai dan mencari udara sejuk yang dibalik rerimbunan dan pepohonan yang seakan membuat hati orang lain menjadi sejuk.

Taman Hutan Raya Sultan Syarif Kasim yang terletak 23 kilometer dari pusat Kota Pekanbaru ini Sekilas, jalan lurus menurun terlihat sepi, namun, menyeruak ke dalam, ada ribuan orang sedang menikmati suasananya yang tenang dan tenteram.

Itulah gambaran suasana dari Rindu Sempadan. Ada kaum remaja, pelajar, juga banyak di antaranya orang-orang dewasa yang membawa anak-anak mereka untuk berkunjung. Sebagian dari mereka menikmati teduh dan sejuknya udara dibawah pepohonan, ada juga yang menikmatinya dengan bermain aneka suguhan rekreasi seperti sepeda air, bebek air atau uji nyali dan ketangkasan lewat sarana adventure seperti flying fox, elfis bridge, spider climbing, speed boat, memancing, berenang atau bahkan melihat aneka satwa asli Riau.

Dalam beberapa waktu terakhir, Rindu Sempadan memang tak lagi hanya menjadi areal peristirahatan bagi mereka yang ingin menikmati ketenangan di tengah kawasan hutan yang eksotis. Hotel ini muncul layaknya magnit baru tujuan wisata bagi warga di Kota Pekanbaru maupun Kabupaten Siak.

Ya, selama ini kita memang lebih dikenal sebagai hotel dengan konsep resort, namun, belakangan, seiring dengan tingginya kunjungan masyarakat, kita berbenah dengan menghadirkan sejumlah sarana rekreasi yang lebih menantang sebut Djauzak Ahmad, owner yang saat itu didampingi General Manager Joko S Santoso saat Riau Pos berkunjung.

Selain menyediakan sekitar 35 kamar hotel, sembilan cottage serta delapan room type cottage, kolam renang dan lapangan tenis. Saat ini Rindu Sempadan memang telah disulap menjadi arena rekreasi komplit termasuk juga untuk media edukasi bagi para pelajar dan anak-anak.

Djauzak sempat membawa Riau Pos untuk berkunjung ke arena adventure yang membuat tegang nyali, juga ke mini zoo (kebun binatang mini) yang terletak di sebelah barat Tahura SSK dan bumi perkemahan pramuka Provinsi Riau. Di sana, ada sejumlah binatang asli Riau yang ditangkar layaknya kebun binatang. Ada beruang madu, kucing hutan, buaya, kura-kura termasuk juga burung kasuari, merak, cendrawasih, elang, juga rusa air asal Pelalawan.

Tak hanya satwa yang saat ini populasinya mulai langka yang ada di kawasan seluas 67 hektare tersebut, di sana juga terdapat aneka tanaman endemis asli Riau yang cocok untuk diteliti sebagai petensi keanekaragaman hayati.

Ada banyak keistimewaan yang dihadirkan oleh Rindu Sempadan saat ini, termasuk juga rekreasi alam dengan berburu rambutan atau durian motong bila anda beruntung mendapatkan buah yang masak.

Meski lokasinya cukup jauh, namun, tak salah bila anda mencoba menikmati petualangan alam baru di Rindu Sempadan Hotel and Resort yang jaraknya juga tidak jauh dari Pusat Latihan Gajah (PLG) Minas juga bumi perkemahan pramuka.



11. Pasar Wisata di Pekanbaru!  Tempat umum yang menjadi Objek dan Daya Tarik Wisata di Kota Pekanbaru adalah Wisata Belanja. Salah satu tempat Wisata Belanja terkenal di Pekanbaru adalah Pasar Wisata ini, setelah mengalami kebakaran keberadaan Pasar Bawah di bangun lebih representative sehingga Wisatawan lebih nyaman ketika berkunjung.

Lokasi Pasar Wisata tidak terlalu luas dan merupakan Pasar yang tertua yang pernah ada di Pekanbaru, dikatakan pasar ini merupakan cikal bakal berdirinya ibu kota Riau Pekanbaru sekarang ini, lihat saja posisinya yang berdekatan dengan sungai siak, jalur transportasi utama tempo dulu. wisata belanja ini terletak di ujung jalan A Yani,

Berbagai macam kelengkapan dijual di komplek Pasar Wisata, antara lain keperluan sehari-hari, Elektronik, Alat-alat Rumah Tangga, Pakaian juga Souvenir berupa keramik. Keramik yang dijual di Pasar Bawah banyak didatangkan dari negara-negara penghasil keramik unggulan dunia seperti Cina, Taiwan, Hongkong dan Italia. Tentu saja keramik-keramik Pasar Bawah dijual di dengan harga yang cukup kompetitif, hingga anda berpeluang untuk memilah-milahnya terlebih dahulu sebelum membelinya.

14 comments:

  1. kota wisata yang menarik untuk di kunjungi :)

    BalasHapus
  2. Pariwisata Indonesia memang hebat. Bahkan, siapa sangka desa yang empat tahun lalu menjadi daerah yang paling parah terdampak letusan Gunung Merapi, kini jadi lokasi wisata? Dimuat dalam website pemuat berita www.iyaa.com , suasana desa yang terkena erupsi dahsyat Gunung Merapi pada 2010 lalu, hingga kini masih tampak di Desa Kinahrejo.

    BalasHapus
  3. indonesia so wonderful :)
    bangga dengan negara indonesia

    BalasHapus
  4. #numpang #promodulu

    Jasa pemasangan
    -instalasi listrik (rumah maupun gedung )
    -panel
    -maintenance fasilitas gedung
    -pengurusan listrik masuk desa
    -anti petir
    -daftar baru / tambah daya pelanggan PLN
    Berkualitas dan bergaransi: 082389077771
    juga melayani jasa pemasangan CCTV dan alaram

    email : shadowdian.AV@gmail.com

    http://elektrikal666.blogspot.com/

    http://elektrikal666.wordpress.com/?p=2

    BalasHapus
  5. Riau dengan sejumlah wisatanya semakin menambah daya tarik tersindiri dari daerah lainya,,, mari kembangkan lagi objek wisata di riau

    BalasHapus
  6. mantap..
    kunjungi balik kami di paket bersepeda di Sumatra Barat
    terima kasih

    BalasHapus
  7. obyek wisata di pekanbaru memang sangat keren mas....infonya juga sangat bagus!!!!!!

    BalasHapus
  8. yuk mampir ke sini juga http://goo.gl/cGLju7

    BalasHapus
  9. KAMI SEKELUARGA TAK LUPA MENGUCAPKAN PUJI SYUKUR KEPADA ALLAH S,W,T
    dan terima kasih banyak kepada AKI atas nomor yang AKI
    beri 4 angka [5467] alhamdulillah ternyata itu benar2 tembus .
    dan alhamdulillah sekarang saya bisa melunasi semua utan2 saya yang
    ada sama tetangga.dan juga BANK BRI dan bukan hanya itu KI. insya
    allah saya akan coba untuk membuka usaha sendiri demi mencukupi
    kebutuhan keluarga saya sehari-hari itu semua berkat bantuan AKI..
    sekali lagi makasih banyak ya AKI… bagi saudara yang suka PASANG NOMOR
    yang ingin merubah nasib seperti saya silahkan hubungi KI JAYA,,di no (((085-321-606-847)))
    insya allah anda bisa seperti saya…menang NOMOR 950 JUTA , wassalam.

    BalasHapus