Home » , , » Wisata Gunung Rinjani di Lombok

Wisata Gunung Rinjani di Lombok

Siapa tidak kenal Gunung Rinjani di Lombok? Ya, Lombok memang pulau yang memiliki Ć¢€˜sejutaĆ¢€™ daerah wisata yang beragam mulai dari pantai, kepulauan kecil sampai gunung yaitu Gunung Rinjani. Gunung Rinjani pun termasuk daerah wisata yang dilestarikan dikenal dengan nama Taman Nasional Gunung Rinjani dengan luas 40 ribu hektare. Puncaknya 3.720 meter dari permukaan laut (mdpl) dan termasuk gunung ketiga tertinggi di Indonesia. Selain kita akan melihat Gunung Rinjani ketika wisata Gunung Rinjani di Lombok, kita juga bisa melihat Danau Segara Anak. Danau ini terbentuk karena letusan Gunung Rinjani pada zaman purba. Pada waktu itu diperkirakan Gunung Rinjani mempunyai tinggi 5000 mdpl.



Keindahan Danau Segara Anak

Permukaan Danau Segara Anak ini pun pernah didokumentasikan dalam pecahan uang Rp 10.000 oleh Bank Indonesia. Danau Segara Anak pada tahun 1994 pernah terangkat naik karena aktivitas letusan Gunung Rinjani yang menyebabkan munculnya gunung baru di permukaan danau yang diberi nama Gunung Baru Jari. Aktivitas vulkanik yang ada menjadikan Gunung Baru Jari ini semakin tinggi dan semakin tinggi merupakan pusat wisatawan yang mendaki ke Gunung Rinjani. Oleh karena itu Bank Indonesia sendiri merasa hal ini patut dipromosikan sebagai kekayaan alam Indonesia. Kita yang mendaki Gunung Rinjani bisa beristirahat di Danau Segara Anak karena lokasinya cocok untuk berkemah. Di sini kita juga bisa memanjakan lidah dengan memancing ikan-ikan yang ditebar di danau. Bahkan penduduk setempat pun tak jarang rela berjam-jam mendaki hanya untuk memancing dan beristirahat di sana.

Keanekaragaman Flora dan Fauna di Taman Nasional Gunung Rinjani

Di kawasan Taman Nasional Gunung Rinjani pun memiliki keanekaragaman flora dan fauna, misalnya saja ada kijang, kepudang kuduk hitam, dawah hutan, burung cikukua tanduk, trenggiling, lutung budeng dan ada beberapa jenis reptilia lainnya. Jenis tumbuhan yang ada di sini pun tak terhitung. Kita yang ingin melakukan wisata Gunung Rinjani di Lombok bisa memilih empat rute yaitu rute Desa Sembalun, Desa Lawang, Desa Torean dan Desa Senaru. Daerah wisata Gunung Rinjani di Lombok ini pun dikelola dengan baik, ini terbukti dari konsep kemitraan yang bagus dimiliki oleh daerah wisata ini. Konsep kemitraan Taman Nasional Gunung Rinjani melibatkan lembaga swadaya masyarakat, tokoh agama, adat dan industri pariwisata, paramuwisata, porter dan masyarakata sekitar Gunung Rinjani.

Taman Nasional Gunung Rinjani pun pernah meraih prestasi membanggakan karena tata kelola berbasis kemitraan yang mereka buat berhasil. Taman Nasional Gunung Rinjani pun mendapatkan penghargaan dari Destination Stewardship Award pada 2004 dari National Geographic Travelers dan Conservation International (CI). Taman Nasional Gunung Rinjani pun pernah dinominasikan oleh World Travel dan Tourism Council di kategori Destination Award pada tahun 2005. Pada tahun 2007 menjadi finalis Tourism for Tomorrow Award 2007.

0 comments:

Posting Komentar