Home » , » Potensi Wisata "Telaga Rejo", Sendang Baru

Potensi Wisata "Telaga Rejo", Sendang Baru

Pernahkah anda mendengar kata sendang..?? Mungkin bagi anda yang berdomisili di pulau jawa kata ini tidaklah cukup asing, karena sendang adalah nama lain dari sungai/kali, namun yang saya maksud disini bukanlah demikian. Sendang yang saya maksud adalah nama sebuah komplek perkampungan, kenapa saya sebut komplek ? karena disana tidak hanya satu kampung yang menggunakan nama itu, melainkan banyak. So, di manakah letak perkampungan itu ? Yups, jawabannya ada di daerah Kabupaten Lampung Tengah, Provinsi Lampung, Indonesia.

Jika anda berkunjung ke daerah tersebut atau sekedar mencari nama-nama kampung di Kabupaten Lampung Tengah, anda akan menemukan banyak sendang, antara lain Sendang Mulyo, Sendang Dadi, Sendang Agung, Sendang Asri, Sendang Asih, Sendang Baru, Sendang Arja, Sendang Mukti, Sendang Jaya dan Sendang Rejo ( kalau ini kampung dimana saya tepatnya 20 Th yg lalu dilahirkan ke dunia oleh ibunda sya tercinta,,, hehe). Diantara banyak sendang-sendang, Sendang Agung-lah yang menjadi kecamatan di wilayah tersebut. Pernahkah anda mendengar atau bahkan mengunjunginya..? Kenapa saya bertanya demikian ? Ada hal menarik apakah yang ada disana? mungkin seperti itulah beberapa pertanyaan yang mungkin muncul dalam benak anda, dan mudah-mudahan pertanyaan-pertanyaan seperti itu akan terjawab setelah anda membaca tulisan saya ini.

Yang akan menjadi perhatian saya disini adalah kampung Sendang Baru, karena di Kampung tersebut terdapat sebuah waduk atau warga sekitar mengenalnya dengan nama Telaga Rejo. Sesuai dengan namanya, telaga ini dibangun untuk kepentingan irigasi, namun sekarang telah beralih fungsi karena rusaknya saluran irigasi itu sendiri dan hanya menyisakan waduk ini menjadi tempat pemancingan dan bahkan bagi remaja di sekitar wilayah tersebut menjadikannya tempat rekreasi untuk sekedar kumpul dengan teman-teman atau bahkan berduaan dengan pasangan. Saya sendiri sudah beberapa kali mengunjunginya, tempat yang cukup indah dengan suasana alam yang masih sangat asri, sebuah waduk kecil di kaki gunung Bukit Barisan.

Berikut adalah beberapa hasil jepretan saya.









Bagaimana menurut anda? Indah bukan? Yah begitulah keadaan waduk tersebut. Foto ini saya ambil hari minggu kemarin tgl 11/03/2012. Menurut saya, tempat ini memiliki potensi wisata yang cukup besar apabila dikelola dan dikembangkan dengan baik. Tak hanya keindahan alamnya saja, akses jalan untuk menuju waduk tersebut sudah cukup baik dan dalam perjalanan anda akan disuguhkan dengan pemandangan alam Bukit Barisan dengan hamparan sawah milik warga sekitar. Berikut beberapa jepretan saya.









Foto di atas saya ambil selama dalam perjalan menuju waduk tersebut yaitu di Kampung Sendang Asri dan Sendang Baru. Kampung Sendang Baru sendiri berjarak sekitar ± 6 km dari Kampung kecamatan Sendang Agung.

Dipinggir waduk tersebut terdapat menara seperti menara suar dengan ketinggian ± 15-20 meter. Saat saya berkunjung kesana kemarin saya sempat mengambil beberapa foto dengan camera pocket saya, dan berikut adalah beberapa fotonya.





Mungkin tempat ini akan lebih dikenal jika Pemerintah Daerah dapat bekerjasama dengan pihak swasta atau investor untuk mengelola dan mengembangkan potensi wisata di daerah tersebut. Tak hanya itu, perekonomian masyarakat di daerah tersebut pun akan lebih berkembang. Hal tersebut akan berdampak positif bagi seluruh masyrakat dan Pemerintah Daerah.

Berikut beberapa keindahan alam lainnya yang ada di wilayah Sendang.











Sekian tulisan saya, semoga dapat bermanfaat bagi semua pihak. Jika anda tertarik dengan artikel ini, silahkan di Copy Paste dengan menyertakan sumbernya. Terima Kasih.

0 comments:

Posting Komentar