Home » , , » Wisata dan Kebudayaan Bahari Pulo Baai, Bengkulu

Wisata dan Kebudayaan Bahari Pulo Baai, Bengkulu

Pulo Baai merupakan salah satu Pelabuhan yang terletak tidak jauh dari pusat kota Bengkulu. Di sana terdapat kawasan perairan dan perikanan yang menarik untuk dikunjungi. Banyak sekali keindahan maupun kebudayaan bahari yang bisa dilihat dan dipelajari dari sana. Saya mencoba mengunjungi beberapa tempat di sana dan memperdalam apa yang bisa saya lihat, karena di sana tidak hanya pelabuhan saja tapi ada juga beberapa tempat menarik dan terkadang tidak disadari penduduk lokal maupun turis.

1. Pelabuhan dan Kampung Bahari










Saat masuk kawasan Pulo Baai dan menuju dermaga, kita akan melewati jembatan yang dibawahnya adalah tempat merapatnya kapal-kapal nelayan yang digunakan sebagai dermaga dan tempat memancing. Tidak jauh dari sana terdapat kampung bahari, di mana mata pencaharian nomor satu di sana adalah nelayan dan membuat jaring ikan. Kampung bahari dan kebudayaannya adalah salah satu objek yang sangat menarik untuk dieksplorasi ceritanya.

Pelabuhan merupakan fungsi utama dari Pulo Baai. Pelabuhan digunakan untuk kapal penumpang ke pulau kecil seperti pulau Enggano atau pulau Tikus dan kapal barang ekspor. Warna-warni kapal yang kontras dengan warna laut sangat memanjakan mata dan membuat saya tidak henti-hentinya memotret. Berjalan sedikit bisa ditemukan tempat pelelangan ikan, sayangnya saya menemukan bayi hiu martil dijual dan dijajakan seperti ikan biasa :(

2. Loading dan Pelabuhan Batu Bara





Agak jauh dari pelabuhan dapat ditemukan ilalang-ilalang liar, stasiun kereta api yang belum jadi yang sangat menarik untuk dipotret. Tidak jauh dari sana akan mulai kelihatan tempat penimbunan batu bara dan loading serta pelabuhan batu bara untuk eskpor. Alat berat, gunungan batu bara, dan asap tebal adalah pemandangan yang biasa.

3. Pantai Tersembunyi Pulo Baai









Tidak jauh dari tempat loading batu bara, ada sebuah jalan kecil berujung ke arah pantai. Jalan berbatu, dan kanan-kiri terdapat rumah penduduk asli yang terbuat dari kayu dengan dikelilingi kebun sawit yang subur. Pantai Pulo Baai merupakan terusan garis pantai samudra hindia. Struktur pasirnya putih dan halus dan ombak tidak terlalu besar dan arus tidak sekuat pada pantai panjang bengkulu, jadi sangat cocok untuk main dan berenang.

Saat masuk kawasan pantai ini seperti punya pantai pribadi, tidak ada orang sama sekali, suasana tenang dan pantai sangat bersih tidak ada sampah. Dari kejauhan saya dapat melihat perahu nelayan dan kapal besar berlayar dan saat sore matahari sangat cantik terbias turun ke barat.

1 comments:

  1. kami menyediakan paket tour dan wisata di Minangkabau yang berjudul Minangkabau a Journey of Discovery, terima kasih

    BalasHapus