Home » , » Pantai Ambon

Pantai Ambon

Memang tidak dipungkiri adanya istilah kerusuhan, daerah konflik dan kekerasan bagi Kota Ambon. Sebenarnya nama lainnya dikenal dengan Ambon Manise bisa diartikan mengandung arti sisi kecantikan Indonesia dari timur.

Ambon juga dikenal sebagai salah satu kota dengan gugusan pulau memberikan karakteristik khas. Sebagian besar wilayahnya terdiri dari pegunungan, perbukitan, pesisir pantai, dan kelautan.

Seperti dilansir dari indonesia.travel, sebutan Ambon Manise bukan hanya istilah sesumbar yang diucapkan. Ini dikarenakan alam Ambon yang subur, berlimpah kekayaan tanahnya berupa rempah-rempah akar berkualitas, tingginya dahan dan ranting yang menjalar, tersohor hingga sisi daratan dan lautan di tanah Asia, Arab, Afrika, dan Eropa.

Belum lagi corak warna dan bentuk biota lautnya yang tak berbanding, nampak dari tepian perahu kayu, atau saat ada di kedalaman palungnya yang curam. Ambon, Maluku adalah bagian dari serambi pintu wisata timur Indonesia.

alt

Dikenal sejak ratusan tahun lalu, Ambon merupakan surga yang dituju oleh pelaut dan penjelajah bangsa Eropa. Sejak itu pula penyatuan ras dan budaya Eropa dengan Ambon Melanesia terjadi. Suku asli Alifuru merupakan penduduk asli yang menempati kota Ambon.

Pedagang dari China abad ke-7 dan masa Dinasti Ming abad ke-14 sampai 16 Masehi, juga menjadikan Ambon kota tujuan yang tidak terlupakan. Ambon merupakan kepulauan bak oasis di tengah lautan.

Suku bangsa di kepulauan sekitar seperti Jawa, Sumatra, Minahasa, dan Buton, pun menyinggahi Ambon. Belum lagi bangsa Arab di abad ke-9 yang tidak saja menjadikan daerah ini sebagai pemasok, tapi juga kampung halaman baru.

Oleh karena itu, asas kerukunan dan keharmonisan antara warga memang telah terjalin sejak dulu. Mereka tidak membedakan antara satu sama lain, tidak membedakan ras dan suku yang melekat pada identitas masing-masing.

kota Ambon

Ambon, kota di sebuah pulau yang memiliki nama yang sama, menyimpan sisa-sisa perjalanan sejarah dunia, mulai dari berdirinya kerajaan Islam, masuknya bangsa Portugis dalam era perdagangan, dan disusul kolonialisme bangsa-bangsa Eropa lainnya, pergeseran kekuasaan ke tangan Jepang, dan mencapai kemerdekaan.

Hal yang perlu diketahui, daya tarik wisata yang dimiliki Kota Ambon dominan dengan wisata pantai, hal ini tidak luput dari kondisi fisik Kota Ambon yang sebagian besar di kelilingi oleh perairan dan teluk, seperti Laut Banda, Teluk Ambon, Teluk Dalam dan Teluk Baguala. Keindahan alam ini merupakan bayang-bayang keindahan dasar sanubari insan yang sejuk, damai dan tenteram

source: erabaru.net

0 comments:

Posting Komentar