Home » , , » Wisata Impian: Indahnya Air Terjun Bedegung

Wisata Impian: Indahnya Air Terjun Bedegung

Air terjun Bedegung yang lebih dikenal dengan sebetan Air Terjun Curup Tenang, air terjun ini merupakan air terjun yang tertinggi di sumatera selatan dengan tingginya 99 meter dan bersumber dari mata air celah bukit barisan dan ke bawah membentuk sebuah sungai kecil yang deras dan berbatuan.

f13eab189415ea86efcf2566b272005b_pke

77a661a91e6badad11eac47036f87480_4

02437736af4d59d0fd0d19bc5c7b40de_air-terjun

7434d9863f262bb4c663724a52dba09c_3

Air terjun ini terletak didekat Desa Bedegung, Kecamatan Tanjung Agung, sekitar 56 km (1,5jam) di selatan Muara Enim, dan kalau dari tempat saya, kota Baturaja sekitar 2 jam perjalanan menuju air terjun bedegung. Objek wisata ini, merupakan objek wisata andalan ditempat ini dan dimusim liburan, karena dengan pesona alamnya yang indah dan juga Air terjun alami ini memberikan kesejukan yang berbeda bagi para pengunjung serta didukung pula dengan suasana alam pegunungan disekitarnya membuat para pengunjung rela datang ke tempat ini, walaupun perjalanan yang ditempuh cukup jauh dan dengan kondisi jalan yang juga tidak mulus.

Untuk menuju tempat air terjun bedegung, kita harus menempuh jarak yang cukup jauh sekitar 600 meter, dari pintu masuk air terjun ini, dan sekarang telah dibuat jalan setapak ditepi sungai untuk memudahkan para pengunjung menikmati hempasan air terjun bedegung ini.

Pesona air terjun dan alamnya yang indah ini sayangnya tidak didukung dengan fasilitas yang memadai diarea air terjun ini, seperti WC yang tidak layak untuk digunakan, mushola yang tidak ada airnya, harus mengambil kesungai, dan jembatan penghubung menuju air terjun tidak juga diperbaiki sudah ada banyak lobang di mana-mana serta tidak tersedianya tempat istirahat yang nyaman bagi para pengunjung untuk menikmati indahnya pesona alam yang ditawarkan ditempat ini (seperti pondok-pondok), padahal uang masuk tempat wisata ini cukup mahal dikala musim liburan, uang masuk ditempat ini tidak jelas, sesuai dengan jenis kendaraan para pengunjung, apalagi jenis kendaraan yang berplat nomer kota lain bisa lebih mahal, akhirnya tempat wisata ini dijadikan mata pencaharian oleh penduduk setempat.

Andai pemerintah lebih jeli lagi memperhatikan tempat wisata didaerah ini, banyak hal yang bisa diexplore disini dan dikelola sebaik mungkin, padahal tempat wisata ini bisa dikenal diseluruh indonesia, dan bisa menjadi ciri khas dari provinsi sumatera selatan, yang memiliki tempat wisata yang tak kalah menarik seperti kota-kota lain, jadi tidak hanya turis lokal yang datang tetapi turis mancanegarapun bisa menikmati pesona alam air terjun ini.

Bukan dari masyarakatnya saja tapi dari pemerintahan juga harus ikut serta dan andil dalam menciptakan tempat wisata yang layak untuk dikunjungi, memberikan fasilitas yang memadai hingga para pengunjung tidak kecewa jika harus membayar mahal, karena fasilitas yang diberikan pun sebanding dengan apa yang telah mereka keluarkan.

Saya berharap pengelola tempat wisata ini dan pemerintah bisa lebih bekerjasama lagi dalam meningkatkan tempat wisata yang ada disini, dengan melakukan pembenahan-pembenahan fasilitas yang lebih memadai lagi, serta pelayanan terhadap pengunjung juga lebih ditingkatkan. Jangan hanya mementingkan kepentingan pribadi maupun kelompok saja.

Kalau bukan kita yang merawat dan menjaga tempat wisata ini, siapa lagi?

0 comments:

Posting Komentar