Home » , » Sigale Gale Turut Diarak dlm Karnaval FDT 2013

Sigale Gale Turut Diarak dlm Karnaval FDT 2013

Sigale Gale Turut Diarak dlm Karnaval FDT 2013

Sigale-gale merupakan boneka kayu yang dijadikan ikon adat Batak. Dalam Karnaval Sigale-gale di Festival Danau Toba pada hari kedua ini hasil kreasi anak Samosir terlihat meriah diusung keliling mulai dari Open Stage Tuk Tuk menuju Bukit Beta di Simpang Tuk Tuk

Dalam Karnaval Sigale-gale di FDT 2013 melibatkan berbagai elemen, diantaranya terdapat simbolis 4 puak suku Batak, yakni seperti: Pengembangan Bentuk Sigale-gale, Tarian dan Kostum Tradisi/Festiviti, Gondang Hasapi, Gondang Bolon dan Drumband, Gundala-gundala, Gendang Lima Sedalanen, Huda-huda/Toping-toping, Genderang Merkata Si Sibah dan Silat.

Setiap dari masing masing group tersebut mempunyai tugas atau peruntukan masing masing, misalnya seperti tugas pengembangan Sigale-gale ini untuk memodifikasi bentuk. Sedang pada Gondang Hasapi Gondang Bolon, dan Drumband bertugas sebagai pengiring musik saat pertunjukan karnaval. Untuk Gondala Gundali sendiri merupakan ujud dari topeng Burung Sigurda-gurdi.

Sedang element Huda Huda atau Toping toping adalah berujud topeng Burung, kostum karnaval, berikut musik pengiring karnaval yang dimainkan sepanjang rute yang sudah ditentukan. Tentu perhelatan FDT ini akan semakin seru di hari penutupan nanti. 

0 comments:

Posting Komentar