Home » , , » Keindahan Panorama Alam Pantai Trikora - Bintan, Riau

Keindahan Panorama Alam Pantai Trikora - Bintan, Riau



Pantai yang memiliki panjang sekitar 25 km ini menawarkan panorama alam yang indah, baik wilayah daratnya maupun kondisi dasar lautnya.

Mengunjungi Bintan, Kepulauan Riau Provinsi kurang lengkap jika belum menyaksikan keindahan panorama alam Pantai Trikora. Pantai yang memiliki panjang sekitar 25 km ini menawarkan panorama alam yang indah, baik wilayah daratnya maupun kondisi dasar lautnya.

Pantai ini merupakan salah satu atraksi kebanggaan pemerintah Kabupaten Bintan. Untuk meningkatkan kunjungan wisatawan, Pemerintah Kabupaten Bintan bertekad akan terus mengembangkan pariwisata hingga menjadi wisata kelas dunia seperti Pantai Kuta di Bali atau pantai Lagoi yang terletak satu kabupaten dengan pantai ini.

Menurut cerita masyarakat setempat, nama Trikora berkaitan dengan kunjungan orang asing ke pantai ini bertahun-tahun lalu. Ketika orang asing itu berkunjung, pantai ini masih sepi dan tidak banyak orang yang mendiaminya. Karena tidak akrab dengan wilayah yang ia kunjungi, maka kemudian ia bertanya kepada seorang warga yang kebetulan bertemu dengan pertanyaan yang berisi kata "tiga Corrals". Karena warga tersebut merasa tidak mengerti dengan bahasa yang diucapkan oleh orang asing tersebut, kemudian dengan rasa ingin tahu dari kata "tiga Corrals", warga tersebut kemudian menyebarkan berita kepada semua warga negara lainnya.

Keistimewaan Pantai Trikora ini terletak di hamparan luas pasir putih dan landai, sehingga pelancong dapat bermain, berjemur, atau olahraga seperti sepakbola, lari, trekking, dan lainnya. Selain melihat keindahan alam di pesisir pantai juga terdapat banyak pohon-pohon palem yang berbaris rapi. Ada juga batu-batu besar bertumpuk menempel di tepi pada laut yang juga menambah suasana indah di Pantai Trikora. Dari atas batu-batu ini, wisatawan dapat menikmati gelombang seraya duduk santai melihat perahu nelayan yang melintas di kejauhan.

Di pantai ini, wisatawan juga dapat menemui berbagai jenis tumbuhan laut dan hewan ukuran kecil yang berada di pinggiran pantai. Jika wisatawan ingin melihat keanekaragaman hayati yang terkandung di dalamnya, dapat menyelam ke dasar laut untuk melihat karang yang indah, tanaman laut, berbagai jenis ikan laut, dan berbagai bentuk kerang laut. Wisatawan tidak perlu khawatir tentang kegelapan selama menyelam karena sinar matahari dapat menembus ke dasar laut. Para wisatawan juga diperbolehkan membawa pulang kerang cantik yang ia temui selama penyelaman.



Keistimewaan Pantai Trikora ini terletak di hamparan luas pasir putih dan landai, sehingga pelancong dapat bermain, berjemur, atau olahraga seperti sepakbola, lari, trekking, dan lainnya.

Setelah puas menikmati keindahan dasar laut, wisatawan dapat mengunjungi pulau-pulau kecil di tengah laut atau sekitar puluhan meter dari pantai. Di pulau-pulau kecil, wisatawan bisa melihat semua jenis binatang seperti monyet, ular, burung dan hewan lainnya. Namun, bagi wisatawan yang ingin pergi tur, bisa pergi ke rumah Kelong, tempat untuk menangkap ikan yang terbuat dari kayu dengan atap daun kelapa. Dari Rumah Kelong ini, pelancong bisa melihat nelayan yang sedang mencari ikan dari dekat. Untuk sampai ke lokasi kedua, wisatawan dapat menyewa perahu nelayan yang tersedia di Pantai Trikora.

Pantai Trikora terletak di Malang Rapat, Kecamatan Gunung Kijang, Kabupaten Bintan, Provinsi Kepulauan Riau, Indonesia. Untuk sampai ke lokasi obyek wisata Pantai Trikora ini perjalanan dapat dimulai dari kota Tanjung Pinang dengan menggunakan mobil sewaan, taksi, perjalanan, atau naik sepeda motor, karena di daerah ini masih jarang transportasi umum (bus) ke lokasi wisata. Jika pelancong naik taksi dari kota Tanjung Pinang, untuk sampai ke lokasi Objek wisata Pantai Trikora akan memakan waktu sekitar 1 jam perjalanan.

Fasilitas yang dapat dinikmati pengunjung di daerah wisata ini adalah tempat untuk bersantai (pondok-pondok kecil yang terbuat dari bambu), hotel, kolam renang, kolam pancing, lapangan tenis, restoran seafood, dan toko-toko yang menjajakan kelapa muda. Selain itu, ada juga pedagang makanan khas Kabupaten Bintan yakni, otak-otak.

0 comments:

Posting Komentar