Home » , » Pantai Sundak, Miniatur Dreamland di Gunung Kidul

Pantai Sundak, Miniatur Dreamland di Gunung Kidul

Pantai Sundak adalah salah satu pantai yang merupakan barisan dari pantai pasir putih di kawasan gunung kidul. Pantai ini memiliki keindahan yang luar biasa, selain fasilitasnya lengkap kita juga dapat membeli dan menikmati hidangan laut di sekitar pantai ini. Pantai sundah memiliki berbagai macam fasilitas seperti gardu pandang, lapangan parkir yang luas, masjid, warung makan, dan panggung hiburan. Hamparan pasir putih di sana cocok sekali untuk kalian yang suka bermain pasir pantai, selain itu di sebelah utara juga ada batu-batu karang dan batu kapur yang menjulang tinggi sekitar 12 meter.

Keindahan pantai sundak ini juga banyak menarik wisatawan lokal untuk datang kesana. Hamparan pasir putih yang luas dan panjang, cocok sekali untuk para pelajar atau mahasiswa membuat kemah atau tenda disana. Karena itu, pantai sundak sering dijadikan lokasi wisata untuk para pelajar dan mahasiswa, bahkan tidak jarang mereka mengadakan games atau permainan atau acara lainnya di pantai ini.

pantai sundak baru Pantai Sundak, Miniatur Dreamland Di Gunung Kidul

Dibalik keindahan pantainya, tempat wisata ini juga memiliki sejarah yang unik soal penamaannya. Apakah kalian tahu mengapa pantai ini dinamakan pantai sundak? Konon katanya pantai ini dinamakan begitu karena dulu ada seekor anjing kelaparan yang sedang mencari mangsa. Lalu dia menemukan landak, akhirnya dikejar lah landak itu dan dimangsanya. Akhirnya si pemilik anjing itu menamakan daerah tempat kejadian itu sebagai Sundak. Nama itu singkatan dari "Asu" (artinya Anjing dalam bahawa Jawa) dan "Landak" (Hewan berkulit duri) yang disingkat menjadi Sundak.

Sejak dinamakan Sundak itulah pantai ini mulai terdengar namanya. Dan mulai menarik minat para wisatawan untuk datang ke lokasi wisata ini. Selain itu, pemerintah Gunung Kidul juga telah menjadikan pantai sundak ini sebagai salah satu lokasi Wisata Alam.

The+East+Of+Sundak Pantai Sundak, Miniatur Dreamland Di Gunung Kidul

Salah satu keistimewaan pantai ini adalah dinama disekitar pantai ini banyak ditumbuhi pepohonan yang menjadikan para wisatawan dapat menikmati sejuknya angin pantai tanpa harus terkena sinar terik matahari. Dan pada sore harinya kalian juga dapat menikmati sunset dibawah pepohonan ini. Moment yang sangat menarik sekali untuk diabadikan bersama teman dan keluarga.

Lokasi pantai sundah ini sendiri bertempat di Desa Sidoharjo, kecamatan Tepus, Kabupaten Gunung kidul, provinsi Yogyakarta. Selain Sundak, di kawasan Gunung kidul ini juga terdapat pantai lainnya seperti pantai baron, pantai kukup, pantai krakal, pantai drini, dan pantai sepanjang. Lokasi pantai-pantai ini tidak jauh. Kalian bisa mengunjunginya dengan berjalan kaki atau menggunakan kendaraan seperti motor atau mobil.

Untuk menuju Pantai ini kita bisa menggunakan kendaraan pribadi seperti motor atau mobil. Atau kita juga bisa menyewa mobil atau dengan paket tour yang menawarkan lokasi wisata di Gunung Kidul. Di kota Yogyakarta banyak sekali tour agent yang menawarkan paket tour ke pantai-pantai di Gunung kidul ini.

img 5127 Pantai Sundak, Miniatur Dreamland Di Gunung Kidul

Dan jika kalian pergi kesana dengan kendaraan pribadi, harga tiket masuk ke pantai ini juga tidak mahal. Kalian hanya perlu merogoh kocek Rp 2.500 untuk tiket masuk. Dan Rp 2.000 untuk parkir kendaraan bermotor. Dan untuk menikmati hidangan laut di pantai ini, kalian bisa membelinya dari TPI (tempat pelelangan Ikan) di pantai ini. Kalian bisa memilih ikan apa yang akan kalian makan, setelah itu kalian dapat membawanya ke warung makan di sekitar situ dan minta untuk dimasaki ikan yang telah kalian beli. Dan kalian hanya perlu mengeluarkan biaya Rp 20.000 dan sudah bisa menikmati hidangan makanan laut dengan bumbu dan rasa yang enak.

Itulah beberapa informasi dan tips seputar pantai sundak. Semoga bisa menjadi bahan referensi untuk para wisatawan yang ingin mengunjungi tempat ini. Selamat berwisata

2 comments: