Wisata Impian: Indahnya Air Terjun Bedegung

Air terjun Bedegung yang lebih dikenal dengan sebetan Air Terjun Curup Tenang, air terjun ini merupakan air terjun yang tertinggi di sumatera selatan dengan tingginya 99 meter dan bersumber dari mata air celah bukit barisan dan ke bawah membentuk sebuah sungai kecil yang deras dan berbatuan.

f13eab189415ea86efcf2566b272005b_pke

77a661a91e6badad11eac47036f87480_4

02437736af4d59d0fd0d19bc5c7b40de_air-terjun

7434d9863f262bb4c663724a52dba09c_3

Air terjun ini terletak didekat Desa Bedegung, Kecamatan Tanjung Agung, sekitar 56 km (1,5jam) di selatan Muara Enim, dan kalau dari tempat saya, kota Baturaja sekitar 2 jam perjalanan menuju air terjun bedegung. Objek wisata ini, merupakan objek wisata andalan ditempat ini dan dimusim liburan, karena dengan pesona alamnya yang indah dan juga Air terjun alami ini memberikan kesejukan yang berbeda bagi para pengunjung serta didukung pula dengan suasana alam pegunungan disekitarnya membuat para pengunjung rela datang ke tempat ini, walaupun perjalanan yang ditempuh cukup jauh dan dengan kondisi jalan yang juga tidak mulus.

Untuk menuju tempat air terjun bedegung, kita harus menempuh jarak yang cukup jauh sekitar 600 meter, dari pintu masuk air terjun ini, dan sekarang telah dibuat jalan setapak ditepi sungai untuk memudahkan para pengunjung menikmati hempasan air terjun bedegung ini.

Pesona air terjun dan alamnya yang indah ini sayangnya tidak didukung dengan fasilitas yang memadai diarea air terjun ini, seperti WC yang tidak layak untuk digunakan, mushola yang tidak ada airnya, harus mengambil kesungai, dan jembatan penghubung menuju air terjun tidak juga diperbaiki sudah ada banyak lobang di mana-mana serta tidak tersedianya tempat istirahat yang nyaman bagi para pengunjung untuk menikmati indahnya pesona alam yang ditawarkan ditempat ini (seperti pondok-pondok), padahal uang masuk tempat wisata ini cukup mahal dikala musim liburan, uang masuk ditempat ini tidak jelas, sesuai dengan jenis kendaraan para pengunjung, apalagi jenis kendaraan yang berplat nomer kota lain bisa lebih mahal, akhirnya tempat wisata ini dijadikan mata pencaharian oleh penduduk setempat.

Andai pemerintah lebih jeli lagi memperhatikan tempat wisata didaerah ini, banyak hal yang bisa diexplore disini dan dikelola sebaik mungkin, padahal tempat wisata ini bisa dikenal diseluruh indonesia, dan bisa menjadi ciri khas dari provinsi sumatera selatan, yang memiliki tempat wisata yang tak kalah menarik seperti kota-kota lain, jadi tidak hanya turis lokal yang datang tetapi turis mancanegarapun bisa menikmati pesona alam air terjun ini.

Bukan dari masyarakatnya saja tapi dari pemerintahan juga harus ikut serta dan andil dalam menciptakan tempat wisata yang layak untuk dikunjungi, memberikan fasilitas yang memadai hingga para pengunjung tidak kecewa jika harus membayar mahal, karena fasilitas yang diberikan pun sebanding dengan apa yang telah mereka keluarkan.

Saya berharap pengelola tempat wisata ini dan pemerintah bisa lebih bekerjasama lagi dalam meningkatkan tempat wisata yang ada disini, dengan melakukan pembenahan-pembenahan fasilitas yang lebih memadai lagi, serta pelayanan terhadap pengunjung juga lebih ditingkatkan. Jangan hanya mementingkan kepentingan pribadi maupun kelompok saja.

Kalau bukan kita yang merawat dan menjaga tempat wisata ini, siapa lagi?

Berwisata Alam di Pagar Alam

Saya nggak pernah bosan untuk mempromosikan kota ini sebagai salah satu destination wisata. Semasa saya sekolah dulu, ada seorang guru matematika yang sering bercerita tentang keindahan kota kelahirannya yaitu Kota Pagar Alam. Beliau sering menceritakan betapa alam disana sejuk dan pemandangannya indah, ya sesuai dengan namanya Pagar Alam dikarenakan kota tersebut dipagari oleh alam yang ijo royo royo. Kala itu saya hanya membayangkan sebuah daerah dengan hutan yang nggak beraturan dan ada dusun ditengah hutan tersebut, lalu didusun itulah pastinya guru saya ini terlahir. titik. Tidak ada yang menarik dari cerita tersebut.

21e34a7269da8297cb1060ff4e34e86b_pagar
Waktupun berlalu. Hingga beberapa tahun kemudian ternyata hidup malah membawa saya ke kota ini. Apa ini salah satu karma dari sang guru? entahlah, yang jelas pelajaran berharganya adalah jangan pernah melawan guru matematika.

Demikianlah. Akhirnya saya pun hijrah ke kota ini dan untuk sementara tinggal disini. Ketika pertama kali mentap di Kota ini, jiwa blogger saya meledak-ledak, kota ini wajib di promosikan. Ini kota keren banget! Sejauh mata memandang hanya hijau dan selalu hijau. Dunia harus tahu bahwa di Indonesia tercinta ini ada sebuah kota kecil yang masih terjaga keaslian alamnya. Pernah suatu kali saya memajang potret di salah satu sudut jalan kota dimana kiri kanan jalan terdapat hamparan sawah dengan gunung yang berdiri megah ditengah sawah. Saat itu kakak saya berkomentar "waaaahhh.. kupikir gambar kayak gitu cuma ada dilukisan anak SD". see? Orang kota maupun orang kampung bakalan seneng deh kalo berlibur kesini.

Dengan segudang wisata alam yang disuguhkan, saya yakin kota ini mampu bersaing merebut pasar pariwisata. Karena perjalanan ke kota ini tidak semudah mengakses tanah jawa, maka adalah penting bagi para wisatawan untuk menjelajah semua spot-spot terbaik di Kota ini. Rugi bandar jika sudah jauh-jauh kemari hanya mengunjungi gunung dempo saja. Ada banyak anugerah Tuhan yang lain yang harus dinikmati. Baiklah, kita hitung-hitung dulu yuk apa saja yang menarik dari Pagar Alam;

Gunung Dempo
Ya, gunung yang masih saja aktif ini berdiri megah menghiasi kota Pagar Alam. Saya pribadi belum pernah mendaki gunung dempo, tapi sepanjang tahun ada saja orang-orang nekat yang mencoba menaklukkan dempo.

gunung dempo dempo pagaralam


Kebun Teh
Di kaki Gunung Dempo terhampar kebun teh yang maha luas. Panorarama jalan yang berliuk-liuk serta aktivitas petani teh menjadi keasikan tersendiri untuk dinikmati baik pagi maupun senja. Konon katanya, teh dempo ini bagus banget untuk kesehatan. Nggak percaya? silahkan coba keaslian daun teh dempo.

kebun teh kebun teh dempo

Air Terjun/Curup
PagarAlam memang nggak memiliki pantai, tapi disini ada banyak air terjun yang akan bikin kita berdecak "Subhanallah" saat melihat percikan air yang jernih menggoda. Sebut saja curup tujuh kenangan, curup embun, curup lematang, curup mangkok, curup cungkok, dan masih banyak lagi. Masing-masing memiliki cerita dan keunikan tersendiri.

Jernih banget, bahkan bayangan waterfall tergambar jelas di alur sungainya curupembun4

Situs Megalit
Sejarah bangsa adalah sesuatu yang sangat berharga yang dimiliki Indonesia. Dan Pagar Alam harus bangga dengan banyaknya temuan benda-benda megalit. Ada rumah batu, lesung, arca-arca, manusia gajah, dan ribuan jenis megalit lainnya. Konon semua ini merupakan bukti kejayaan Kerajaan Sriwijaya.

megalit megalit pagaralam

Festival Bunga
Sebagai kota bunga, Pagar Alam didaulat untuk melaksanakan Festival Bunga Nusantara setiap 2 tahun sekali. Selain Kota Pagar Alam, Kota Tomohon juga melaksanakan Festival serupa. Karena itu pelaksanaannya selang seling di dua kota. Tahun Ganjil dilaksanakan di Kota Pagar Alam, sedangkan tahun genap dilaksanakan di Kota Tomohon. Dalam Festival Bunga Nusantara ada banyak kegiatan yang berhubungan dengan bunga diselenggarakan, seperti pemilihan putri bunga nusantara, lomba merangkai bunga, pawai mobil hias keliling (bahan baku hiasan terdiri dari jutaan bunga asli), panen bunga, dan masih banyak kegiatan lainnya.

festival bunga pagar alam festival bunga pagar alam

Tangga Seribu
Dari tangga seribu ini kita bisa menikmati panorama alam yang tetap ijo royo royo. Saya jamin, pacaran di sini bikin lupa waktu *eh

tangga seribu pagaralam kebun teh dempo


Kopi.
Pagaralam merupakan kota penghasil kopi bermutu. Jenis kopinya adalah robusta. Selain kopi yang murni 100% kopi tanpa campuran, Pagar Alam juga penghasil kopi Luwak asli. Untuk kopi luwak saya punya satu petani kopi luwak disini yang terpercaya.

kopi pagar alam kawe pagaralam

Udara
Dimanapun diseluruh belantara Indonesia kita bisa menghirup udara bersih. Tapi bedakan dan silahkan nikmati bernafas disini. Udara Pagar Alam telah mendapat predikat sebagai udara terbersih se-sumatera Selatan. [fyi : Pagar Alam juga mendapatkan Adipura]

kota pagar alam 7d6d07e0419927f82b2cd0188dcfe5c7_adipura3-1

Puncak Rimau
Rimau merupakan kawasan paling tinggi di Gunung Dempo yang bisa ditempuh dengan kendaraan roda empat. Bisa dibilang rimau merupakan batas akhir jalan beraspal di gunung dempo. Ditas rimau sudah merupakan kawasan hutan lindung Gunung Dempo. Di puncak ini menyuguhkan pemandangan yang indah luar biasa.

easy9 pagar alam

Arum Jeram/rafting
Suka berpetualang? jangan pernah melewatkan liburan kesini tanpa berarung jeram. Ada 2 pilihan aliran sungai yang bisa membawamu ke petualangan yang seru.

rafting2 rafting4

Paralayang
Nggak puas dengan rafting? oke silahkan pacu adrenalin dengan bermain paralayang sambil tetap menikmati kota dari ketinggian.

paralayang paralayang dempo pagaralam

Sepeda gunung
Menjelajah areal Dempo dengan bersepeda? why not? kegiatan ini justru menyenangkan. Selain sehat juga membuat kita semakin menyayangi alam.

mountain bike sepeda gunung

Offroad
Merasa raja jalanan? tunggu dulu. Buktikan dengan bermain ketangkasan di medan offroad. Pagar Alam punya banyak jagoan offroad.

offroad pagaralam 319629901fce61eee03e528111346296_20111128lahat_-3

Cuaca Super Dingin
Sudah setahun menetap di kota ini, masih saja saya kesulitan beradaptasi dengan cuaca yang super dingin. Tetapi dibandingkan cuaca di kota yang sering panas "bedengkang" kata orang sini, saya jauh lebih bersyukur dengan cuaca disini. Jangan lupa untuk memastikan kaos kaki, jaket, syal, dan mantel ikut terbawa saat berlibur ke kota Pagar Alam ya.

5db46fb88a7b28ebac3a32d9aaf1a460_wpid-2012-01-17-17-25-521 pagaralam malam

Nah itu tadi ulasan mengenai kota Pagar Alam menurut pengamatan saya. Walau masih ada banyak hal menarik lainnya, seperti hamparan sawah dengan gubug-gubug kecil ditengahnya, atau kebun sayur mayur yang berlimpah disini, semua menjadi pemandangan indah untuk melepas penat setelah lelah disibukkan dengan aktivitas kerja.

Dengan banyaknya kelebihan alam yang dimiliki Pagar Alam sangatlah tepat jika Pemerintah Kota menetapkan sektor pariwisata dan agribisnis sebagai salah satu pilar pembangunan. Dan sebagai daerah yang mempunya potensi alam berlebih, seharusnya kota ini mampu menyedot wisatawan untuk berkunjung. Mungkin dikarenakan lokasi yang hanya bisa ditempuh melalui jalur darat dan minimnya promosi, membuat kota ini belum terlalu terkenal sebagai kota wisata. Tapi mudah-mudahan tahun depan seiring dengan pembangunan bandara maka kota ini semakin mudah dijangkau dengan pesawat.

Saya yang merupakan penggemar teknologi informasi terkadang "gregetan" dengan kenyataan masih minimnya informasi yang bisa diperoleh publik tentang Pagar Alam. Seharusnya dijaman yang serba digital ini, sangatlah mudah untuk mempromosikan sesuatu, asalkan semua pihak terkait (baik masyarakat maupun Pemerintah Kota) berkomitmen untuk memajukan pariwisata. Hal sederhana yang saya lakukan adalah dengan mengulas Pagar Alam melalui media blog. Responnya ternyata banyak, seringkali saya menerima email dari beberapa orang yang akan berlibur ke Pagar Alam sekedar menanyakan hotel, travel, dan bahkan termasuk minta diinfokan apakah ada ojeg motor yang bisa disewa selama di Pagar Alam.

Saya menaruh harapan besar dengan Pemkot Pagar Alam untuk melek internet. Untuk sering mengedukasi warga Pagar Alam dalam memanfaatkan kemajuan internet. Tidak sekedar meningkatkan sarana dan prasarana pariwisata, tetapi diiringi dengan peningkatan kualitas masyarakatnya dalam mengikuti perkembangan zaman. Media blog, twitter, foursquare, semua yang sedang in saat ini tidak pernah dimanfaatkan oleh warga Pagar Alam sebagai sesuatu yang bisa mendatangkan rezeki. Dan rasanya sia-sia saja jika APBD Pagar Alam dibelanjakan untuk penyediaan jasa internet disetiap Unit Kerjanya jika tidak diimbangi dengan pengetahuan individunya. 80% pemanfaatan internet hanya untuk facebook.

Sejauh ini, Dinas Pariwisata Kota sudah bekerja dengan baik. Banyak sekali promosi yang dilakukan melalui event-event nasional bahkan internasional. Tetapi ada satu yang terlupakan oleh mereka, bahwa lagi-lagi dalam memanfaatkan kemajuan internet masih sangat kurang. Jangan pernah lupa bahwa kita sekarang berada di era teknologi. Apa saja contohnya yang bisa dilakukan ?
  • Memiliki minimal satu website dalam banyak pilihan bahasa yang memuat semua informasi wisata Pagar Alam termasuk jalur perjalanan. Bahkan ada panduan untuk backpacker bagaimana bisa meluncur ke Pagar Alam dengan biaya minimal
  • Aktif memanfaatkan sosial media sebagai salah satu cara mengenalkan Pagar Alam ke mata dunia
  • Menggandeng komunitas-komunitas untuk mempromosikan pariwisata Pagar Alam. Komunitas blogger misalnya, atau mengajak komunitas backpacker menjelajah Pagar Alam. Dana yang perlu dikeluarkan minimal, tapi dampak yang dihasilkan maksimal.
  • Terakhir, mengedukasi seluruh warga dalam menerapkan teknologi informasi. Tau kenapa kopi lampung lebih ngetop padahal kopi Pagar Alam jauh lebih enak? ya karena masyarakat luas tidak pernah mendapatkan informasi tentang kopi Pagar Alam. Begitu juga dengan Pariwisata. Zaman telah berubah. Dengan mengikuti perubahan tersebut secara positif tentu hasilnya akan membawa kesejahteraan bagi masyarakat.
Dan tentu saja, saya sebagai salah satu Warga Indonesia yang baik, akan selalu membayar pajak berperan ikut menjaga alam. Minimal dengan tidak membuang sampah sembarangan dan terus aktif mewartakan tentang keindahan yang saya nikmati dari Bumi Indonesia ini.

Wisata Sejarah - Candi Pringapus



Obyek wisata budaya lain yang menarik di Kabupaten Temanggung adalah Candi Pringapus. Karena sebagaimana candi-candi lainnya, Candi Pringapus tidak hanya menawarkan wisata arkeologi, tetapi juga wisata sejarah, wisata budaya dan wisata pendidikan.

Candi Pringapus terletak di Desa Pringsurat Kecamatan Ngadirejo sekitar 22 Km dari arah barat laut Kota Temanggung. Umur candi ini sudah cukup tua, diperkirakan dibangun pada tahun 850 dan rampung dua tahun kemudian. Di dalam candi Pringapus terdapat Terdapat Arca-arcanya bercorak Hindu Siwaistis, jika dicermati, bentuk bangunanya merupakan replika Mahameru yang menjadi lambang tempat tinggal para dewata. Hal ini bisa dibuktikan dari adanya hiasan antefiq dan relief hapsara-hapsari yang menggambarkan makhluk setengah dewa.

Candi Pringapus mengingatkan kita pada candi-candi yang ada di Dataran Tinggi Dieng (kabupaten Wonosobo) dan Candi Gegongsongo (Desa Candi Kecamatan Bandungan Kabupaten Semarang). Dari Ketiga komplek candi tersebut berada di kawasan yang berdekatan, sehingga memiliki banyak kesamaan, baik dalam bentuk maupun kebudayaan masyarakat saat itu. Komplek Candi Gedongsongo di Sebelah Utara Candi Pringapus dan komplek Candi Dieng di sebelah baratnya.

Candi Pringapus relief masih utuh, Karakteristiknya yang unik membuat banyak wisatawan asing berdatangan, terutama dari Belanda, Belgia dan Amerika Serikat. Saat liburan. Wisata candi ini ramai dikunjungi wisatawan dari berbagai daerah termasuk anak-anak sekolah yang ingin mempelajari sejarah. Candi Pringapus pertama kali disebut Junghun dalam daftar reruntuhan candi-candi Jawa, yang didasarkan pada gambar Hoepermans. Setelah itu, gambar diperbarui oleh Brandes, Van Erp (1909) dan Knebel (1911). Situs candi ini juga terkait dengan Candi Perot yang ada di dekatnya (sekitar 300 meter), yang runtuh akibat badai besar tahun 1907 (kini hanya terlihat pondasi saja).

Menurut seorang arkeolog, Djulianto Susanto (Menentukan Pertanggalan Candi; 2003), sampai kini belum ada kesimpulan yang pasti mengenai kapan suatu candi mulai dibangun atau didirikan. Dari berbagai data arkeologi, tidak satu pun yang menyiratkan informasi secara akurat. Arkeolog Belanda EB Vogler pernah melakukan penelitian terhadap hiasan kala makara diatas pintu candi. Hasil dipetakan menjadi lima periode pertanggalan yaitu :
  1. Periode I, yaitu masa sebelum tahun 650. Ia memperkirakan, ketika itu sudah ada bangunan ang terbuat dari bahan-bahan yang mudah rusak dan lapuk sehingga tanda-tanda arsitekturalnya tidak tersisa lagi.
  2. Periode II (650-760), yang terjadi pada masa pemerintahan Raja Sanjaya dari Kerajaan Mataram Hindu. Gaya bangunan dipengaruhi oleh arsitektur Pallawa yang berasal dari India Selatan. Bangunan-bangunan candi dari periode ini pun sudah rusak, dan tidak mudah teridentifikasi.
  3. Periode III (760-812), pada masa Dinasti Syailendra. Contoh bangunannya adalah Candi Borobudur, Pawon, Mendut, Kalasan dan sari.
  4. Periode IV (8120-928), Pengaruh asing terutama gaya Chandiman (India) mulai memperkaya unsure-unsur candi. Contohnya antara lain Prambanan, sariwanm Plaosan dan Ngawen.
  5. Periode V, yang berlangsung tahun 928 hingga akhir masa Hindu-Jawa. Bangunannya merupakan perkembangan dari gaya-gaya sebelumnya. Bangunan dari periode ini mulai diperkaya dengan unsur-unsur kesenian Jawa Timur, terutama bentuk kala. Contoh bangunannya antara lain Candi Pringapus, Sembodro, Ratna dan Srikandi.

4 Wisata Ekstrim yang Menegangkan

BERJALAN-JALAN di pantai atau mendaki gunung? Sudah biasa! Sesekali, cobalah melakukan wisata ekstrim untuk memacu adrenalin.

Simak ulasannya 4 jenis wisata berikut ini, seperti dikutip dari Forbes:

Menjadi pilot pesawat tempur sehari
Terbangkan pesawat militer sungguhan dan nikmati sensasi pertempuran udara (tanpa senjata sungguhan) di Pusat Angkatan Udara Amerika di Orange County, California. Di sini Anda dapat melakukan simulasi pertempuran udara dengan dua pesawat tempur lainnya. Anda dapat memilih menaiki pesawat jenis SIAI Marchetti SF-260 atau Extra 300L.



Sebelum naik ke kokpit, Anda akan diajari dasar-dasar manuver udara, seperti putaran ganda, tukikan vertikal, dan lain-lain. Anda akan dipandu instruktur yang menangani lepas landas dan pendaratan pesawat, namun saat sudah berada di udara, Anda benar-benar sendirian. Simulasi ini benar-benar seperti nyata karena menggunakan efek suara dan asap untuk menciptakan nuansa realistis.

Memanjat tebing es
Di Gunung San Juan, Colorado, Anda akan menemukan taman es Ouray, sebuah tebing es buatan. Taman dan tebing ini dibangun di ngarai sungguhan, dengan 14 area panjatan dan lebih dari 200 es untuk dipanjat, dengan beragam level kesusahan, mulai level pemula hingga level ahli.

Mulailah dengan mendaftar kursus pemula selama dua hari, yang akan mengajarkan Anda bagaimana memanjat tebing es dengan kapak dan tambang. Taman Ouray ini dibuka dari pertengahan Desember hingga akhir Maret setiap tahunnya.

Kebut-kebutan dengan Lamborghini
Coba pacu adrenalin dengan datang ke Las Vegas dan kemudikan mobil-mobil mewah berkecepatan tinggi, seperti Ferrari, Lamborghini, Porsche, dan Aston Martin di jalur balap Exotics Racing. Anda akan memulai dengan sesi kelas untuk memelajari lajur balap.

Sebelum menaiki mobil, instruktur akan membawa Anda untuk melihat jalur balap yang akan Anda lewati dengan Porsche Cayenne GTS. Setelah itu, barulah Anda akan 'dilepas' untuk melakukan balapan dengan kecepatan hingga 130 mil per jam.

Menyelam malam bersama pari manta
Big Island, Hawaii, memiliki perairan tenang yang menjadi tempat tinggal pari manta, pari besar yang lebar tubuhnya bisa mencapai enam meter. Anda akan dibawa menyelam oleh pemandu sesaat setelah matahari terbenam, kemudian menyelam hingga kedalaman 10 meter. Dengan berbekal senter, Anda akan menyaksikan langsung bagaimana ikan besar ini menghampiri. Jangan takut karena ikan pari ini hanya memakan plankton.

Ini Dia 5 Jalur Kereta Api Wisata di Indonesia

Jalur kereta api pertama di Indonesia, dibangun pada 1864 oleh pemerintah Hindia Belanda. Setelah 148 tahun berlalu, masih tersisa 5 jalur kereta kuno berlokomotif uap untuk Anda kini berwisata.

Jalur kereta api pertama adalah hasil pemikiran Mr LAJ Baron Sloet van en Beele. Jalurnya menghubungkan Semarang dan Surakarta, membentang sepanjang 110 km. Semenjak itu, pembuatan jalur kereta api berkembang pesat antara tahun 1864-1900.

Pembuatan jalur kereta api tersebut tak hanya terfokus pada Pulau Jawa, tapi juga Aceh (1874), Sumatera Utara (1886), Sumatera Barat (1891), juga Sulawesi (1923). Pada masa-masa itu, kereta api menjadi alat transportasi utama. Bahkan beberapa kereta api hanya bisa dinaiki oleh orang-orang terpandang.

Namun, seiring modernisasi yang merambah negeri kita tercinta, posisi kereta api uap digantikan oleh kereta listrik. Ini berarti tak ada lagi kereta kuno, tak ada lokomotif uap, dan kereta api uap hanyalah sejarah.

Tapi jangan kuatir, pemerintah di beberapa daerah tetap memelihara jalur kereta api ini. Anda bisa menyusuri jalur bersejarah ini menggunakan kereta api kuno yang dirawat dengan baik. Wisata kereta bisa Anda nikmati di berbagai wilayah Indonesia!

1. Sawahlunto - Muara Kalaban (Sumatera Barat)

Mak Itam adalah lokomotif yang dulu digunakan untuk mengangkut batu bara. Tubuhnya buatan pabrik Esslingen (Jerman) tahun 1966. Lokomotif uap ini menarik sebuah kereta penumpang berdinding kayu, namun berkonsep terbuka seperti kereta wisata di perkotaan.

Dua dari tujuh kilometer akan Anda lewati di terowongan yang disebut Lubang Kalam. Dengkingan asap dan suara lokomotif uap akan memenuhi telinga Anda ketika melewati terowongan!

Mak Itam beroperasi dua kali sehari. Khusus turis lokal, kereta ini hanya beroperasi pada hari Sabtu dan Minggu. Sedangkan, turis mancanegara bisa menikmati perjalanan dengan Mak Itam mulai hari Senin hingga Jumat.

2. Padang Panjang - Sawahlunto (Sumatera Barat)

Kali ini, Anda akan dibawa menyusuri tiga jam perjalanan menggunakan kereta api diesel kuno. Kereta wisata ini dilengkapi kelas eksekutif dan bisnis. Sepanjang perjalanan, Anda akan melewati panorama memukau khas Sumatera Barat termasuk Danau Singkarak yang terkenal indah!

Kereta ini hanya beroperasi di hari Minggu dan hari libur nasional. Anda bisa memilih jam keberangkatan dari kedua titik destinasi. Kereta ini berangkat dari Sawahlunto pukul 11.00 & 12.40 WIB, serta dari Muara Kalaban pukul 11.50 & 11.30 WIB.

3. Depo Lokomotif Perhutani - Gubug Payung (Cepu, Jawa Tengah)

Anda akan diajak untuk menikmati keindahan di wilayah perbatasan Jawa Tengah dan Jawa Timur. Kereta api buatan Jerman tahun 1928 ini akan membawa Anda melewati hamparan hutan jati yang berusia ratusan tahun.

Sepanjang 30 menit perjalanan, mata Anda akan dimanjakan dengan sungai, ladang, serta pabrik gula Olean yang terkenal. Jalurnya dibuat pada 1915, namun masih terawat dan aman untuk dilewati. Tak hanya wisatawan domestik yang menikmati perjalanan kereta ini, tapi juga wisatawan mancanegara seperti Eropa, AS, dan Jepang. Jika beruntung, akan ada pertunjukan seni lokal yang menghibur Anda langsung di dalam kereta!

4. Kota Padang - Pariaman PP (Sumatera Barat)

Kereta kuno ini beroperasi mulai Senin hingga Sabtu. Anda bisa memilih akan berangkat dari Padang pukul 06.00 atau dari Pariaman pukul 08.30 WIB. Namun bersiaplah, karena Anda akan menghabiskan 2,5 jam perjalanan di dalam kereta ekonomi.

Mungkin ini adalah satu dari segelintir kereta kuno yang masih menjadi alat transportasi umum. Oleh karena itu, kereta ini seringkali dipenuhi oleh masyarakat, dan sifat ekonominya sangat terasa lewat banyaknya pedagang asongan yang hilir mudik di dalamnya.

Sepanjang perjalanan Anda akan melewati beberapa stasiun kecil seperti Duku, Pasar Usang, Tabing, Kayutanam, dan Lubuk Alung. Stasiun-stasiun ini sangat cantik dalam bingkai kamera karena struktur kolonialnya masih sangat terasa. Selain itu, Anda juga bisa langsung mengunjungi Pantai Pariaman yang terletak dekat dengan Stasiun Pariaman.

5. Stasiun Ambarawa - Stasiun Kereta Bedono (Jawa Tengah)

Wisata kereta api di Ambarawa mungkin adalah yang paling terkenal. Keberadaannya diakui sebagai salah satu wisata kereta paling digemari di dunia. Kereta uap ini berbahan bakar kayu jati dengan bunyi mesin yang kencang.

Yang unik dari kereta api di Ambarawa adalah jalurnya yang bergerigi. Dibuat seperti itu karena tujuannya adalah Stasiun Kereta Bedono, yang posisinya lebih tinggi dari Stasiun Ambarawa. Sembilan kilometer ditempuh dalam waktu 1,5 jam. Pemadangannya luar biasa eksotis, khas daerah pegunungan di Jawa. Persawahan, perkebunan, bahkan Gunung Merbabu dapat Anda lihat dari kejauhan.

Di tengah perjalanan menuju Stasiun Bedono, Anda akan singgah di Stasiun Jambu untuk pemindahan lokomotif ke belakang gerbong. Hal ini dilakukan agar lokomotif bisa mendorong kereta hingga nanti tiba di stasiun tujuan. Selain mengganti posisi lokomotif, kereta juga akan berhenti beberapa kali untuk me Kereta api uap di Ambarawa.

sumber:http://www.kaskus.us/showthread.php?t=12906144

Wisata Talempong Batu

Talempong Batu ini dijumpai dalam satu bangunan di halaman Balai Adat Nagari Talang Anau, banyaknya 6(enam) buah batu yang tersusun rapi berjajar diatas bantalan yang terbuat dari bambu. Pada sebuah batu talempong tersebut terdapat sebuah lukisan telapak kaki, warna batu talempong itu hitam memudar laksana logam yang akan dipukul akan menimbulkan bunyi nyaring seperti nada alat musik tradisional Minangkabau yang terbuat dari logam yaitu Talempong. Lempengan batu yang berada di Talang Anau ini telah disusun sesuai dengan tangga nada yang dikeluarkan oleh masing-masing lempengan batu tersebut sehingga bisa dimainkan mengikuti irama lagu tradisional Minangkabau.



Nama Objek Wisata : Talempong Batu Talang Anau
Jenis : Objek Wisata Sejarah Dan Purbakala
Luas : ± 0,00 Ha
Lokasi : Nagari Talau Anau ,Kecamatan Gunung Omeh
Jarak dari IKK : ± 47,00 Km
Jarak dari IK Provinsi : ± 172,00 Km
Sarana transportasi : Taksi, Oplet, Ojek dan Becak Wisata
Fasilitas Objek Wisata :
1. Alat kesenian Purba
2. Pelataran Parkir

Kegiatan yang bisa dilakukan : Mendengankan alat musik purba, Melihat Binatang dan keindahan Alam

Atraksi pada objek wisata : Pagelaran Kesenian Tradisional
Narasi Objek Wisata :

Talempong Batu ini di jumpai dalam satu bangunan di halaman Balai Adat Nagari Talang Anau , banyaknya 6(enam) buah batu yang tersusun rapi berjajar diatas bantalan yang terbuat dari bambu . Pada sebuah batu talempong tersebut terdapat sebuah lukisan telapak kaki, warna batu talempong itu hitam memudar laksana logam yang akan dipukul akan menimbulkan bunyi nyaring seperti nada alat musik tradisional Minangkabau yang terbuat dari logam yaitu Talempong. Lempengan batu yang berada di Talang Anau ini telah disusun sesuai dengan tangga nada yang dikeluarkan oleh masing-masing lempengan batu tersebut sehingga bisa dimainkan mengikuti irama lagu tradisional Minangkabau.

Berdasarkan cerita masyarakat setempat, konon batu talempong ini ditemukan pertama kali oleh seorang ulama bernama Syeikh Syamsudin. Waktu ditemukan ditaksir masyarakat sekitar abad 12 masehi, sewaktu syeikh ini bermimpi didatangi seorang berjubah putih, berjanggut panjang sampai kepusat dan memakai serban. Orang tua dalam mimpi Syeikh ini memberi tahu bahwa ada beberapa buah benda yang sekarang berserakan dalam hutan yang ditumbuhi Talang dan daun enau. Benda tersebut akan dapat memberi manfaat bagi anak cucu dan masyarakat kalau dapat dikumpulkan.

Ada sifat magic yang dimiliki oleh lempengan batu itu, yaitu sebelum dipukul atau dibunyikan maka batu ini harus diasapi dengan kemenyan putih. Apabila tidak dilakukan tatacara ini, niscaya lempengan batu ini tidak akan menimbulkan bunyi yang nyaring seperti talempong pada umumnya tetapi akan tetap berbunyi layaknya seperti batu biasa yang dipukul. Lebih celaka lagi apabila orang yang memukul batu tersebut melakukannya dengan rasa tidak percaya akan kegaiban dari batu tersebut serta meremehkannya, maka berdasarkan keterangan orang-orang disekitar lokasi si pemukul akan terkena kutukan berupa penyakit yang tidak akan bisa disembuhkan dan bisa merenggut nyawanya sendiri.

sumber:
DINAS KEBUDAYAAN DAN PARIWISATA
PEMERINTAH KABUPATEN LIMA PULUH KOTA
Komplek Medan Nan Bapaneh Tarantang Jalan Raya Sarilamak-Harau Km. 4
Telp. 0752 - 7750431 Fax. 075277504

Menikmati Panorama Gunung dan Danau Batur di Kintamani

Menikmati Panorama Gunung Dan Danau Batur Di Kintamani

Apakah kalian pikir di Bali hanya ada kumpulan pantai indah? dan sengatan matahari yang terik? Jika kalian berpikir seperti itu, maka datanglah dulu ke Kintamani. Tempat wisata yang terletak di kabupaten Bangli ini menawarkan panorama pegunungan yang indah. Menikmati sejuknya udara di atas gunung sambil mengagumi eloknya danau Batur. Inilah tempat yang cocok untuk merasakan semua itu.

kintamani2 Menikmati Panorama Gunung Dan Danau Batur Di Kintamani
 Kintamani adalah salah satu tempat wisata favorit untuk para wisatawan yang datang ke Bali, baik itu wistawan domestik maupun asing. Biasanya paket wisata yang ditawarkan di Bali sudah mencakup tempat wisata Kintamani ini. Setelah mengunjungi Batu Bulan (Tari Barong) biasanya para tour agen telah menyisipkan program untuk mengunjungi obyek wisata kintamani ini.

Kintamani view Menikmati Panorama Gunung Dan Danau Batur Di Kintamani
Kintamani adalah salah satu tempat di Bali yang terletak di daerah pegunungan. Kintamani adalah satu daerah di Bali yang tidak memiliki pantai. Walaupun begitu, keindahan danau batur juga bisa menjadikan pengganti kebahagiaan kita mengunjungi tempat wisata di bali ini. Jika kalian ingin menikmati makan siang / lunch yang nikmat. Kalian bisa mengunjungi tempat yang satu ini. karena disini kalian bisa datang ke restaurant atau warung makan yang ada disekitar kintamani. Duduk dengan tenang sambil menikmati sejuknya udara pegunungan serta indahnya danau batur akan menjadi kesan tersendiri untuk kalian.

kintamani Menikmati Panorama Gunung Dan Danau Batur Di Kintamani

Kintamani tempat wisata di Bali ini terletak 400 meter diatas permukaan laut. Dengan suhu mencapai 18 derajat celcius, ini merupakan suhu yang sudah terbilang dingin di Bali. apalai ketika malam tiba, suhunya akan semakin dingin. Untuk menuju Kintamani ini, kita harus menempuh perjalanan sekitar 2 jam dari denpasar atau ibu kota Bali. Tidak perlu khawatir bosan di perjalanan, karena nanti di perjalanan kalian akan menikmati pemandangan yang indah dan bagaimana sisi-sisi kota Bali. So, tunggu apa lagi. Jangan ragu untuk datang ke Bali dan menikmati indahnya kota wisata yang satu ini. Selamat berwisata....

Wisata Danau Toba

Danau Toba Jadi Ikon Wisata Dunia 



MEDAN - Danau Toba diusulkan menjadi satu ikon pariwisata Global Geopark Network (GGN), yang ditetapkan UNESCO. Usulan itu dilakukan karena Danau Toba dianggap sebagai satu keajaiban geologi di dunia yang memiliki ragam cerita.

Hal tersebut terungkap dalam sosialisasi Geopark Danau Toba yang diselenggarakan Kementeria Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Rabu (21/3) di Ruang Beringin Lt VIII, Kantor Gubernur Sumut, Jalan Diponegoro, Medan. "Danau Toba sudah sangat luar biasa," kata Prof Ibrahim Komoo, anggota tim asesor UNESCO.

Dia menyebutkan, terakhir kali kunjungannya ke Danau Toba sekitar 10 tahun lalu. Saat itu, bukan hanya keindahan alam yang dikagumi, melainkan misteri yang terkandung di dalamnya sangat luar biasa. Sejak itu banyak tulisan dan cerita yang dikumpulkannya terkait awal mula terbentuknya Danau Toba.

Hanya saja menurutnya kelemahan yang biasa dimiliki orang-orang Timur, kurang memiliki komitmen kuat dalam meyakinkan dan mendokumentasikan penelitian dan tulisan-tulisan terkait potensi geopark yang ada. Sehingga untuk tingkat Asia Tenggara, baru pada 2007 geopark pertama yang berhasil ditetapkan UNESCO yaitu Langkawi, Malaysia.

Berbeda dengan Eropa yang sudah memiliki puluhan geopark. Padahal umumnya hanya satu atau dua batu saja yang ada di sana. Tapi para ahlinya dapat menceritakan dan lihai dalam meyakinkan potensi batuan tersebut dalam berbagai informasi sehingga seolah-olah bantuan tersebut merupakan yang pertama di dunia. "Kini sudah ada 87 geopark yang tergabung dalam GGN. Setiap tahunnya ada 5 sampai 10 geopark diperkenalkan", ujarnya.

Dia menyarankan ke depannya usulan Geopark Danau Toba berhasil ditetapkan oleh UNESCO. Sementara itu, Dirjen Pengembangan Destinasi Pariwisata Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Firmansyah Rahim mengatakan usulan Geopark Danau Toba dimasukkan ke UNESCO pada September mendatang. Sehingga, pada 2013 diharapkan danau vulkanik tersebut sudah bisa ditetapkan sebagai GGN. "Kami berharap sekarang sudah ada 87 GGN, Danau Toba tidak lebih dari yang ke-100", ujarnya.

Kegiatan sosialisasi itu dihadiri, Plt Gubernur Sumut H Gatot Pujo Nugroho ST, Pakar Geologi dari Malaysia Prof Ibrahim Komoo, Dirjen Pengembangan Destinasi Pariwisata Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Firmansyah Rahim, Sekretaris Dirjen Pengembangan Destinasi Pariwisata Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Achyaruddin, Bupati Samosir Mangindar Simbolon, Asisten Ekonomi Pembangunan Dzaili Azwar, dan Kepala Dinas Pariwisata Sumut Nuruddin Dalimunthe, serta para ahli geologi dari Sumut.

Adapun syarat Danau Toba bisa ditetapkan menjadi GGN-UNESCO antara lain menyediakan program pendidikan formal dalam membangun kesadaran akan warisan geologi dan kaitanhya dengan aspek lain seperti budaya dan alam. Memiliki sarana dalam menumbuhkan industri kreatif lokal serta membuka lapangan kerja baru agar meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Hal lainnya yang perlu dilengkapi yakni memiliki pusta informasi terpadu, museum, restoran dengan menu khas daerah, fasilitas kebersihan serta toilet yang memadai, kios cenderamata, dan lahan parkir yang berada di luar kawasan, serta memiliki pemandu di lapangan yang kreatif dan inovatif.

Foto - Foto Wisata Sumatera

1. Nanggroe Aceh Darussalam
a. Danau Laut tawar


b. Pantai Lampuuk


c. Taman Nasional Gunung Leuser

d. Masjid Raya Baiturrahman


e. Benteng Indra Patra

 f. Kerkhof peucut (Kuburan serdadu Belanda)


2. Sumatra Utara
KOTA MEDAN
a. Istana Maimun Medan


b. Mesjid Raya Medan


c. Kesawan (tempat jajan souvenir oleh-oleh khas Sumatra Utara) Medan


d. Gedung Balai Kota Lama Medan


e. Menara Air Medan (Ikon kota Medan)

f. Titi Gantung Medan (Sebuah jembatan di atas rel kereta api)


g. Gedung London Sumatera (Medan)

h. Kantor Pos Medan

i. Museum Rahmat Medan


j. Kebun binatang medan

 j. Kebun Helvetia (tembakau)


KECAMATAN SIBOLANGIT
a. Greenhill City

b. Sungai Sembahe
c. Air terjun dua warna

KECAMATAN BERASTAGI
a. Gundaling (sejenis tempat wisata di perbukitan. Dari tempat ini dapat terlihat Gunung Sibayak dan Gunung Sinabung)


b. Gunung Sibayak


c. Gunung Sinabung


KECAMATAN MEREK
a. Taman Simalem Resort


b. air terjun si piso-piso


c. Desa Tongging

KABUPATEN SAMOSIR
a. Danau Toba


b. Pulau Samosir

Jambi
a. Danau Kerinci

b. Taman Nasional Kerinci Seblat


c. Museum Negeri Jambi


d. Gunung Kerinci
 
Riau
a. Alam Mayang (wisata keluarga)

b. Mal SKA (Pusat perbelanjaan, juga ada hypermart)


c. Danau Limbungan

d. Bandar Serai

e. Pasar Bawah


f. Taman rekreasi Stanum

g. Pacu jalur (lomba perahu dayung tradisional dari Riau berukuran panjang sekitar 25-40 m dengan awak perahu 40-60 orang)

h. Air terjun Guruh Gemurai

 Kepulauan Riau
a. Pulau Penyengat

b. Pantai Penat

c. Pulau Bintan

 d. Gunung Ranai


e. Sungai Sebong
f. Pantai Trikora


g. Gunung Bintan


h. Air Terjun Temurun

 Bangka Belitung
a. Pantai Parai Tenggiri

b. Pantai Matras

c. Pantai Tanjung Pesona

d. Pantai Rebo


e. Pantai Batu berdaun

f. Pantai Pasir padi

g. Pantai Tanjung Kerasak

 h. Pantai Gunung Namak


i. Pantai Teluk Uber


j. Gunung Maras


k. Tanjung Kelayang


l. Tanjung Binga


m. Tanjung Tinggi


n. Pulau Lengkuas

o. Pantai Punai

p. Pantai Tanjung Pendam

q. Pantai bukit batu
Sumatra Barat
a. Ngarai Sianok

b. Lembah Anai


c. Lembah Harau


d. Embun Pagi (dekat Danau Maninjau)

 e. Danau singkarak

f. Danau Maninjau

g. Danau Diateh dan Dibawah

h. Batang Tabik (pemandian)

i. Puncak Lawang

j. Panorama Tabek Patah (terletak di pinggang gunung berapi antara kota Bukittinggi dan Batusangkar, Indonesia)
k. Istano Basa atau istano Pagaruyung (wisata budaya paling terkenal)
l. Jembatan Akar

m. Bayang Sani


n. Pantai air manis

o. Taman raya Bung Hatta
Sumatra Selatan
a. Danau Ranau


b. Gunung Dempo

c. Sungai Musi dan Jembatan Ampera


d. Danau Ulak Lia

e. Danau Segayam